Search

Pura-pura Mati, Warga Pontianak Diperiksa Polisi

Pura-pura Mati, Warga Pontianak Diperiksa Polisi

Madura, CNN Indonesia -- Robi Anjal, warga Pontianak, Kalimantan Barat, harus berurusan dengan polisi di Kabupaten Sampang, Madura, setelah diduga pura-pura mati lalu hidup lagi.

Insiden ini sempat mencuri perhatian publik. Tidak sedikit warga mencari tahu lokasi kejadian. Pascasekarat, Robi langsung berbicara normal.

Kepala Subbagian Humas Polres Sampang Ipda Puji Eko Waluyo mengatakan peristiwa tersebut didesain oleh Robi melalui video berdurasi 4 menit 15 detik yang ramai beredar di jejaring media sosial.

Isi videonya adalah bahwa Robi berwasiat kepada istrinya jika meninggal jasadnya harus dikubur di sekitar Pondok Pesantren Karongan, Desa Tanggumong, Sampang. Sang istri pun menelepon seorang kiai di Pesantren Karongan yang kemudian menyetujuinya.

Diantar istri dan anaknya, jenazah Robi tiba di pesantren diantar melalui ambulans, Jumat (26/7) malam. Liang lahat pun telah disiapkan. Ketika jenazah dibawa mungkin untuk disalatkan, jenazah yang dikafani setengah badan itu terperanjat, seolah terkejut hingga jatuh. Para santri yang menyaksikan terdengar merapal surat Alfatihah.

Robi dikerubuti para santri yang terheran-heran. Bagaimana bisa, Robi yang sudah mati bisa hidup lagi. Robi kemudian duduk dan menyeringai senyum. Video diakhiri sang istri menyirami kepalanya dengan air.

Polisi kemudian melakukan pemeriksaan. Hasilnya, Robi dan istrinya memberi pengakuan berbeda. Robi mengaku sedang menjalani ilmu spiritual, sementara istrinya mengaku suaminya memang mati dan hidup lagi.

"Setelah dilakukan penyelidikan, kejadian ini ternyata akal-akalan dari otak pelaku. Pelaku dalam pemeriksaan polisi berlatar belakang punya beban masalah hutang," kata Ipda Puji Eko saat dihubungi CNNIndonesia.com, Minggu (28/7).

Soal kemungkinan peristiwa ini ada unsur pidana penipuan, polisi masih mendalaminya.

"Polisi belum tahu pelaku ada hubungan apa dengan pihak pondok pesantren, tapi kalau tidak kenal tak mungkin ditahlilkan dan disediakan kuburan," tandasnya.

(nrs/arh)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pura-pura Mati, Warga Pontianak Diperiksa Polisi"

Post a Comment

Powered by Blogger.