Search

Bertemu Pemimpin Taliban, MUI Sarankan Bentuk Komite Nasional

Bertemu Pemimpin Taliban, MUI Sarankan Bentuk Komite Nasional

Jakarta, CNN Indonesia -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat kedatangan tamu yakni perwakilan pimpinan Taliban dari Afghanistan, Selasa (30/7) siang.

Ketua MUI Bidang Hubungan Internasional Muhyiddin Junaidi mengatakan kedatangan perwakilan Taliban yang dipimpin Abdul Ghani Baradar itu sebagai rangkaian silaturahmi sesama ulama.


Kepada para tamunya, kata Muhyiddin, MUI memberikan saran agar Afganistan bisa menyelesaikan situasi panas di dalam negerinya. Apalagi, sambungnya, mereka pun mengabarkan bahwa Amerika Serikat akan menarik pasukannya dari sana.

Setidaknya ada tiga saran yang disampaikan pimpinan MUI kepada pimpinan Taliban dalam pertemuan tersebut.

"Bahwa Afghanistan perlu membangun organisasi payung yang mampu menaungi dan mengkoordinasi semua ormas agama, seperti MUI di sini, di mana ormas-ormas itu ditampung dan setiap persoalan dimusyawarahkan bersama," ujar Muhyiddin saat dihubungi CNNIndonesia.com.

Kedua, MUI menyarankan Afghanistan membentuk Komite Nasional guna memberikan maaf kepada semua warga yang pernah melakukan tindak kesalahan.

Ketiga, lanjut Muhyiddin, pihaknya menyarankan intensitas kunjungan tokoh-tokoh Islam dan tokoh ormas di antara Indonesia dan Afghanistan.

"Mereka bilang, insyaallah Afghanistan akan belajar banyak dari Indonesia," ujar Muhyiddin.

Terima Taliban, MUI Saran Bentuk Organisasi Penaung OrmasWakil Pimpinan Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar (kiri). (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)

Muhyiddin mengatakan mereka menerima tamu dari Afghanistan itu dari sekitar pukul 12.00-13.00 WIB yang diakhiri dengan makan bersama pada siang tadi. Selain dirinya, kata Muhyiddin, yang menerima perwakilan Taliban juga ditemani di antaranya adalah Waketum MUI Yunahar Ilyas dan Zainut Tauhid Saadi, serta Wasekjen Zaitun Rasmin.

"Sebetulnya kedatangan rombongan [Taliban] itu ada kerja sama dengan kantor Wapres RI, Pak Jusuf Kalla. Mereka delapan orang ini di bawah pimpinan Abdul Ghani Barabar berkunjung ke MUI untuk silaturahim karena sesama ulama," ujar Muhyiddin.

Dari rombongan Abdul Ghani, kata Muhyiddin, didapatkan informasi bahwa Afghanistan hendak bekerja sama dengan Indonesia. Mereka, katanya, memilih Indonesia karena sejumlah faktor dari mulai hubungan diplomasi di dunia internasional, serta penerapan demokrasi yang tak bertentangan dengan Islam.

"Mereka menilai Indonesia berhasil sebagai negara muslim terbesar dalam menerapkan nilai nilai demokrasi modern," kata Muhyiddin.


Rombongan Taliban dari Afghanistan tersebut tiba di Jakarta pada Sabtu pekan lalu. Pelaksana tugas juru bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah, memaparkan delegasi yang dipimpin Wakil Pimpinan Taliban Abdul Ghani Baradar sempat diterima Jusuf Kalla.

"Mereka (delegasi Taliban) diterima secara informal oleh pak Wapres pada Sabtu lalu," ucap Teuku melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Senin (29/7).

Sementara itu, juru bicara Taliban, Zabinhulllah Mujahed mengatakan delegasinya berkunjung ke Jakarta untuk memperkuat relasi politik dan kerja sama antara Indonesia-Afghanistan di masa depan.

"Dalam perjalanan, pembicaraan akan berlangsung seputar relasi politik yang baik antara kedua negara, perdamaian, dan kerja sama di masa depan dengan Afghanistan," kata Mujahed melalui media sosialnya seperti dikutip dari Anadolu.

Mujahed menuturkan Baradar ditemani delapan delegasi Taliban dalam kunjungannya itu. Lawatan ini, paparnya, dilakukan ketika pemerintah dan akademisi Islam Indonesia terus memberi dukungan terkait proses perdamaian di Afghanistan.


[Gambas:Video CNN](kid)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bertemu Pemimpin Taliban, MUI Sarankan Bentuk Komite Nasional"

Post a Comment

Powered by Blogger.