Search

Puluhan Demonstran Hong Kong Dibui Usai Bentrok Akhir Pekan

Puluhan Demonstran Hong Kong Dibui Usai Bentrok Akhir Pekan

Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian Hong Kong menyatakan menangkap 49 demonstran dalam aksi unjuk rasa yang berakhir rusuh sepanjang akhir pekan lalu. Mereka dijerat dengan sangkaan berkumpul tanpa izin keramaian dan membawa senjata membahayakan.

Seperti dilansir AFP, Selasa (30/7), kepolisian Hong Kong dalam keterangan resmi menyatakan mereka terpaksa menangkap puluhan demonstran karena aksi unjuk rasa sudah mengarah kepada kekerasan.

"Pengunjuk rasa semakin beringas dengan merusak fasilitas umum. Kami mengecam tindakan seperti itu karena melenceng dari tujuan menyampaikan pendapat secara damai," demikian isi pernyataan Kepolisian Hong Kong.

Dinas Kesehatan setempat menyatakan ada 16 orang terluka dalam demonstrasi akhir pekan lalu. Bentrokan terjadi antara para pengunjuk rasa dan aparat di kawasan bisnis Central, Causeway Bay, dan di dekat Kantor Penghubung China.

Polisi melepaskan gas air mata dan menembakkan peluru karet untuk membubarkan massa. Mereka menyatakan diserang menggunakan botol, batu bata, cat, dan cairan asam.

Bahkan menurut polisi sebagian demonstran melepaskan kelereng logam dan panah menggunakan ketapel serta busur.

Hong Kong sudah bergolak selama dua bulan. Puncaknya adalah ketika mereka menyerbu gedung dewan legislatif mendesak pembatalan pembahasan Rancangan Undang-Undang Ekstradisi.

[Gambas:Video CNN]

Kini demonstran juga harus menghadapi kekuatan lain, yakni kelompok gengster Triad yang diduga dikerahkan oleh kubu pendukung pemerintah. (ayp)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Puluhan Demonstran Hong Kong Dibui Usai Bentrok Akhir Pekan"

Post a Comment

Powered by Blogger.