Search

Panduan Menenggak Alkohol Agar Tak Kelewat Batas

Panduan Menenggak Alkohol Agar Tak Kelewat Batas

Jakarta, CNN Indonesia -- Tak ada aturan pasti mengenai seberapa banyak alkohol dikatakan aman untuk dikonsumsi. Setiap orang memiliki tingkat toleransi alkohol yang saling berbeda. Jika Anda kuat menenggak bir dalam satu botol besar, mungkin orang lain akan tumbang dengan jumlah yang sama.

Tak ada pula aturan yang diterapkan sederet bar. Yang jejas, bar apa pun hanya menuliskan 'Minum lah dengan bertanggung jawab'. Namun, seperti apa itu minum yang bertanggung jawab?

Mengutip The Independent, komedian John Robins dan Elis James yang terkenal dengan program Radio 5-nya selalu menggaungkan konsep 'Keep It Session'. Konsep itu digunakan untuk menekankan moderasi dalam berbagai hal, termasuk minuman beralkohol.

Terlepas dari ini, situs Drink Aware mencatat, pria dan wanita disarankan untuk mengonsumsi tak lebih dari 14 unit alkohol per pekan. Jumlah ini sebaiknya dibagi ke dalam beberapa malam.

Satuan 'unit' pertama kali diperkenalkan pada 1987. Unit mewakili total kandungan alkohol pada sebuah minuman. Agak membingungkan, sebab minuman umumnya tersaji dalam botol maupun gelas beraneka ukuran.

Satu unit sama dengan sepuluh mililiter atau delapan gram alkohol murni. Namun, umumnya kandungan alkohol disematkan dalam bentuk persentase.

Jika Anda perhatikan, dalam botol atau kaleng minuman tersemat besaran dalam satuan ABV (alcohol by volume). Contohnya, pada botol wine terdapat tulisan 13 persen ABV. Artinya, ada 13 persen alkohol murni dalam botol wine.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Ada cara sederhana untuk mengetahui jumlah unit alkohol dalam minuman yang Anda konsumsi. Anda bisa menghitungnya dengan rumus di bawah ini:

(Persentase ABV) x (jumlah/berat minuman) : 1.000

Kalikan persentase ke dalam jumlah mililiter atau berapa banyak minuman yang dikonsumsi. Kemudian, bagi hasil pengkalian tersebut dengan seribu.

5,2 x 568 : 1.000 = 2,95

Sebagai contoh untuk sebotol wine berisi 568 mililiter dengan keterangan 5,2 persen ABV. Ini sama dengan 2,95 unit.

[Gambas:Video CNN] (els/asr)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Panduan Menenggak Alkohol Agar Tak Kelewat Batas"

Post a Comment

Powered by Blogger.