Search

Warga Korut Terobos Zona Demiliterisasi Membelot ke Korsel

Warga Korut Terobos Zona Demiliterisasi Membelot ke Korsel

Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang lelaki asal Korea Utara dilaporkan menerobos perbatasan untuk menuju Korea Selatan. Dia melintasi Garis Demarkasi Militer di Zona Demiliterisasi (DMZ) pada Rabu (31/7) malam waktu setempat.

"Pasukan kami telah menahan lelaki asal Korea Utara, dan saat ini dia sedang diinterogasi bagaimana dia melintasi perbatasan dan alasannya," demikian isi pernyataan Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata Korsel, seperti dilansir AFP, Kamis (1/8).

Pihak Korea Selatan menyatakan dari hasil pemantauan mereka tidak terlihat ada pergerakan apa-apa dari pasukan Korea Utara.

Sejak perang antara Korsel dan Korut berakhir pada 65 tahun lalu, tercatat ada sebanyak 30 ribu warga Korut membelot. Menurut mereka alasan utama melarikan diri karena tidak tahan dengan kemiskinan dan kekejaman rezim Korut.

Korut juga harus menghadapi sederet sanksi ekonomi akibat uji coba rudal dan senjata nuklir.

[Gambas:Video CNN]

Kawasan DMZ di yang memisahkan Korut dan Korsel adalah wujud terakhir ketegangan era Perang Dingin. Komunikasi di antara kedua negara juga menurun sejak pertemuan antara Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dan Pemimpin Korut, Kim Jong-un, pada akhir Februari lalu berakhir tanpa hasil. (ayp/ayp)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Warga Korut Terobos Zona Demiliterisasi Membelot ke Korsel"

Post a Comment

Powered by Blogger.