Search

Menhub Gandeng Pemda dan Aparat Pantau Monopoli Tol Laut

Menhub Gandeng Pemda dan Aparat Pantau Monopoli Tol Laut

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta pemerintah daerah turut berpartisipasi memantau pelaksanaan tol laut. Langkah ini merupakan antisipasi monopoli pihak swasta dalam pengiriman barang di jalur tol laut.

"Kami minta pemerintah daerah (pemda) juga memberikan support (dukungan) untuk ini, tidak mungkin kami awasi tempat-tempat jauh kalau tidak dapat dukungan," katanya, Kamis (31/10).

Ia mensinyalir pihak-pihak tertentu menguasai pengiriman barang lewat tol laut secara berlebihan. Karenanya, ia mengaku akan menyelidiki pihak-pihak tersebut lebih lanjut.

Dalam mengusut hal itu, ia mengaku akan melibatkan aparat keamanan. "Kami akan klarifikasi, kami pikir dukungan Presiden kepada tol laut luar biasa," tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan temuan warga terkait penguasaan pihak swasta tertentu dalam pengiriman barang dari satu pulau ke pulau lainnya dalam rapat terbatas, Rabu (30/10). Pihak swasta ini mendominasi pasar pengiriman logistik dari Surabaya, Jawa Timur, ke arah timur Indonesia.

Menanggapi hal itu, Budi mengaku akan membuat aturan untuk melarang praktik monopoli tersebut.

"Jadi, dia dominasi pasar itu dari Surabaya, sehingga penyebaran barang-barang itu terbatas. Oleh karenanya, saya akan gunakan sistem pemasaran terbuka," tegasnya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.
[Gambas:Video CNN]


(ulf/bir)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menhub Gandeng Pemda dan Aparat Pantau Monopoli Tol Laut"

Post a Comment

Powered by Blogger.