Search

Ketua DPR Filipina Tuding Senat Penyebab Masalah di SEA Games

Ketua DPR Filipina Tuding Senat Penyebab Masalah di SEA Games

Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua DPR Filipina Alan Peter Cayetano menuding pemangkasan anggaran yang dilakukan senat jadi penyebab masalah buruknya persiapan SEA Games 2019.

Cayetano mengecam Senator Franklin Drilon yang mendesak untuk mengurangi anggaran SEA Games. Drilon juga menyarankan agar sebagian besar anggaran dialihkan demi kepentingan nasional.

"Senator Drilon yang memindahkan anggaran SEA Games ke PSC (Komisi Olahraga Filipina) sekaligus mengusulkan pemangkasan 33 persen anggaran hanya beberapa bulan sebelum ajang dimulai," kata Cayetano dikutip CNNPhilippines.

Cayetano yang juga merangkap ketua panitia penyelenggara SEA Games Filipina (Phisgoc) menegaskan anggaran yang diajukan sebesar 7,5 miliar peso atau setara Rp2 triliun.

[Gambas:Video CNN]
"Anggaran sebelumnya mencapai 7,5 miliar peso tapi dia mengkritiknya. Saya tak bisa bersikap kasar karena dia anggota senat," ujar Cayetano.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Mikee Romero juga menyalahkan Drilon atas masalah persiapan minim sebagai tuan rumah SEA Games XXX. Ia menilai persiapan akan berjalan lancar jika Senat menyetujui anggaran dengan cepat.

Ketua DPR Filipina Tuding Senat Penyebab Masalah di SEA Games
Cayetano pun sempat dihujani kritik terkait tugu api kaldron SEA Games 2019 yang dianggap terlalu mahal. Biaya pembuatannya menghabiskan dana 50 juta peso atau setara Rp13 miliar. SEA Games 2019 merupakan edisi keempat yang digelar di Filipina dan rencananya akan dibuka langsung Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, di Philippine Arena, Sabtu (30/11).

SEA Games Filipina akan digelar mulai 30 November hingga 11 Desember mendatang. Pada edisi kali ini, ajang multievent di Asia Tenggara itu akan melombakan 529 nomor dari 56 cabang olahraga. (jun)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ketua DPR Filipina Tuding Senat Penyebab Masalah di SEA Games"

Post a Comment

Powered by Blogger.